10 makanan tinggi kalori!!!

Think first before you eat 10 kinds of this foods!!
1. Sate Kambing 353 kalori
Sate kambing adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia, khususnya di Jawa. Makanan ini terbuat dari daging kambing yang dibakar dan dicampur dengan rempah-rempah. Setelah itu disiram dengan bumbu kacang. Setiap biji kacang yang digerus halus, mengandung 5 kalori.
Daging kambing mengandung lemak jenuh 3.6, lemak totalnya 9.2, dan kolesterol 70. Total kalori per tiga tusuhnya adalah 353, minimal kita melahap 6 tusuk, yang total keseluruhannya adalah 706 kalori. Bahkan rata-rata 1 porsi itu 10 tusuk. Sate kambing saja tidak akan cukup, karena budaya Indonesia pada umumnya adalah dimakan bersama nasi. Satu porsi nasi bisa mencapai 242 kalori. Bisa kita bayangkan bila keduanya dilahap bersama, akan menjadi 948 kalori, WOW!!
2. Nasi goreng 740 kalori
Menu nasi goreng menjadi makanan favorit yang dilahap hampir setiap malam. Selain rasa bumbu-bumbu pedas dan baunya yang merangsang nafsu makan, pedagang nasi goreng paling sering bergeriliya setiap malam, sehingga sangat mudah terjangkau. Dengan paduan nasi, ayam/daging/telur/udang dan minyak goreng, nasi goreng pun mempunyai nilai kalori yang tergolong tinggi. Secara keseluruhan, penggabungan isi nasi goreng, nasi dan minyak gorengnya, menu ini mengandung 740 kalori per porsinya. Menjelang tidur makan makanan yang mengandung 740 kalori!!
3. Nasi rawon 680 kalori
Rawon adalah sup hitam yang memiliki rasa kuat khas Jawa Timur. Menu ini merupakan gabungan dari kuah kaldu kacang hitam yang disebut keluak dan daging sapi yang dicincang. Sayur yang dimasukkan ke dalam sajian ini sangat sedikit, dan itu pun hanya daun bawang dan bawang goreng saja. Jadi, isi utama dari menu ini hanyalah daging sapi. Daging sapi sendiri mengandung 95 kalori dalam setiap 50gr nya. Seperti halnya sate kambing, tidak akan sempurna tanpa kehadiran nasi. Kalori nasi pun cukup banyak, yang akhirnya membuat menu rawon mengandung 680 kalori setiap porsinya. Belum lagi pendamping rawon yang wajib disantap, yaitu kerupuk udang. Kerupuk udang mengandung 17 kalori. Bila Anda melahap 5 kerupuk udang sekali makan, kalori yang masuk bersama dengan nasi rawon pun bertambah.
4. Nasi rames/campur 680 kalori
Hampir sama dengan nasi goreng, nasi rames merupakan menu sarapan atau makan siang, bedanya dengan nasi goreng, nasi campur berisi berbagai macam makanan, seperti sayur, kacang, mie, ayam/telur, krupuk udang, dll. Namun, berdasarkan isi paling umum, makanan ini mengandungb 680 kalori setiap sajiannya. Bagusnya menu ini adalah karena isinya bervariasi, kandungan nutrisi, selain kalori-nya, pun juga lebih banyak. Memakan nasi campur untuk menu sehari-hari tidak akan menjadi masalah, karena tidak ada satu bahan makananya yang mendominasi, seperti yang terjadi pada nasi rawon. Jadi, bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda secara cukup lengkap.
5. Mie Instant ditambah telur dan nasi 945 kalori
Selain rasanya yang kuat, mie instant juga cepat disajikannya dan murah. Cukup merebus mie dan menambahkan bumbu pada kuahnya, dalam 15 menit, semuanya pun jadi. Akan tetapi, dibalik kemudahan mie instant, tersimpan pula keburukannya. Dalam setiap bungkus mie instant, mengandung 330 kal. Masih pula perlu menambahkan telur bahkan nasi. Satu butir telur mengandung 70 kal, sedangkan nasi dengan porsi rata-rata adalah 242 kal. Jadi secara keseluruhan adalah 615 kal. Kalau memasak dua bungkus sekaligus, kalorinya bisa mencapai 945! Ini hanya sekali makan, jadi sebaiknya tidak memakan mi instan lebih dari sekali dalam sehari.
6. Nasi soto ayam 596 kalori
biasanya berisi ayam, mi soíun, seledri, daun bawang, dll. Namun, isi yang paling mendominasi soto adalah ayam. Hampir sama dengan daging sapi, dalam setiap 50 gr-nya mengandung 95 kalori, hanya saja ayam dalam soto tidak sebanyak daging sapi pada rawon, jadi nilai kalorinya tidak setinggi rawon. Dalam porsi normalnya (satu mangkok), nasi soto ayam mengandung 596 kalori. Sama dengan rawon, soto umumnya ditemani dengan kerupuk udang, yang mengandung 17 kalori.
7. Pempek Kapal Selam 570 kalori
Makanan khas Palembang, Sumatra ini memiliki rasa daging ikan yang unik. Pempek terbuat dari ikan, sagu dan telur. Kandungan 100g sagu setara dengan 355 kalori, sedangkan telur satu butir mengandung 95 kalori.
Namun, setiap porsi pempek berisi 2 biji, yang setiap bijinya umumnya memiliki berat 100gr dan mengandung 190 kalori. Kalau Anda mengkonsumsi satu porsi, berarti Anda memakan 380 kalori. Tetapi kalau mau porsi besar, bisa menjadi 570 kalori sekali makan.
8. Kare Ayam 702 kalori
Kare ayam merupakan sajian yang berisi ayam yang dimasak santan kental dan rempah-rempah. Cara menikmatinya juga sama dengan rawon dan soto ayam, yaitu dengan menambahkan nasi. Santan kental sendiri mengandung kalori cukup banyak per sendok makannya, yaitu 120. Belum lagi bagian ayam yang sering dimasak di dalam kare adalah paha dan dada. Satu porsi normal kare mengandung 460 kalori plus nasi 242 kal, jadi totalnya 702 kal.
9. Gado-gado 488 kalori
Menu ini berisi banyak sayuran, kentang, tahu, kemudian dicampur dengan bumbu kacang dan krupuk. Seperti kacang yang terkandung dalam bumbu sate kambing, satu butirnya, kacang mengandung 5 kalori. Satu porsi normal gado-gado setara dengan 488 kalori. Akan tetapi gado-gado mengandung banyak jenis nutrisi di dalamnya. Mungkin akan lebih berkurang kalorinya kalau bumbu kacangnya memakai kacang oven/panggang, krupuk di skip :)
10. Mie Kuah bakso sapi 303 kalori
Di dalam bakso, terdapat berbagai macam isi, seperti bakso sapi (beef meatball) mie, seledri, sayur, bihun, kecambah dll. Bakso merupakan isi yang mendominasi. Makanan bulat ini terbuat dari daging sapid an sagu. Biasanya juga ditambahkan udang, ikan, dan lain-lain. Selain bakso, menu ini ditemani dengan berbagai isi lainnya seperti tahu goreng, gorengan, dan daging jeroan. Namun, bentuk paling umum bakso adalah bakso, tahu dan gorengan. Dari porsi normal ini mengandung 303 kalori. Karena ini biasanya dianggap sebagai jajanan saja, Jadi, menu 303 kalori ini bukan akhir dari jam makan.
Dari 10 menu di atas, kita bisa melihat berapa jumlah kalori dari makanan yang biasa kita makan sehari-hari. Jumlah kalori di atas biasanya masih ditambah lagi dengan camilan yang lain. Bila Anda menambah sepotong brownies, berarti Anda menambah 141 kalori, belum lagi minuman saat Anda nongkrong, seperti Milk Shake coklat 1 gelas yang mengandung 421 kal. Dan bila Anda ingin menonton film di bioskop, Anda ingin membeli satu cup pop corn, yang setara dengan 54 kal. Bila Anda bermaksud untuk berdiet, sebaiknya untuk sementara waktu kurangi keinginan untuk makan makanan tinggi kalori.

source : kevinzahri

*makan gado-gado menurut saya tidak perlu dihindari karena banyak serat dan nutrisi dari sayuran, yang jelas makan apapun kita harus tahu dulu berapa kalori per hari yang kita butuhkan tinggal kita membaginya dan pilih makanan yang mengandung banyak serat daripada banyak lemak. Bila bermaksud untu berdiet, sebaiknya kurangi keinginan untuk makan makanan tinggi kalori, perbanyak serat dari sayur & buah, minum air putih minimal 2.200 ml per hari, pilih karbo yang berserat seperti roti gandum, oat, nasi merah dan olah raga tentunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s